IT'S ALL ABOUT EVERYTHING


 "Teknologi bisa membuat hidup lebih mudah, bisa membuat kita menyentuh seseorang yang mungkin tidak terpikir. Anda bisa punya anak dengan cacat dari lahir dan bisa berhubungan dengan orang tua dan grup penyokong lain, memperoleh informasi medis dan uji coba obat terbaru. Hal-hal seperti itu bisa memengaruhi hidup secara mendalam. Aku tidak meremehkannya. Tapi terus menerus meletakannya secara radikal dengan harapan ini akan mengubah segalanya. Benda-benda tidak harus mengubah dunia jadi sesuatu yang penting." Steve Jobs (1955-2011)   


  Teknologi Informasi dan Komunikasi kini tak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan manusia. Bagaikan jamur, teknologi merasuk kedalam setiap sendi-sendi kehidupan. Budaya, Politik, Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, dan sendi kehidupan yang lainnya telah menggunakan teknologi sebagai sarana penunjangnya. 

 Teknologi memang sengaja diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar memperoleh hasil yang diinginkan. Dengan adanya teknologi, setiap pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia dapat dikerjakan dengan adanya teknologi. Sebagai contoh, robot. Robot yang pertama kali ditemukan oleh AL-Jazari (13 M) mampu mengerjakan berbagai aktivitas berbahaya dan tidak bisa dilakukan oleh manusia. Bahkan, sekarang robot mampu berpikir layaknya seorang manusia. Contoh lainya, Internet. Internet merupakan contoh teknologi yang banyak digunakan dan tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Internet yang diciptakan oleh Timothy Berners Lee ini memberikan banyak keuntungan bagi manusia. Melalui internet, kita bisa mengkases berbagai maca informasi. Bahkan sekarang kita bisa melakukan chatting, video call, gaming, dan masih banyak yang lain. Itulah sebagian manfaat dari teknologi dalam kehidupan kita.   
   Dibalik semua manfaat itu, ternyata teknologi juga memberi dampak negatif dalam kehidupan. Sadar atau tidak, sebenarnya kita akan dikendalikan oleh teknologi. Contoh, dengan adanya Home Automation System, semua urusan rumah tangga mulai dari memasak, mencuci, hingga kebersihan rumah semuanya akan dilakukan dengan cara komputerisasi. Memang itu mempermudah pekerjaan seorang ibu rumah tangga, tapi coba kita pikirkan sejenak, bukankah hal itu membuat kita malas untuk bekerja. Contoh lainnya, Hand Phone. Semenjak ditemukannya hand phone, semua hal untuk keperluan komunikasi dilakukan melalui gadget yang satu ini. Sadarkah anda jikalau hand phone menghilangkan budaya atau etika kita dalam berbicara?, mungkin untuk sebagian orang itu tidak ada masalah, tapi coba anda ingat disaat anda menelpon teman anda, bagiamana cara anda berbicara?. "Hei, hallo loe dimana?" itu sebuah contoh senderhana saja. Hal seperti itu banyak dilakukan oleh kalangan anak muda. Mereka tidak lagi mengetahui budaya atau etika ketika berbicara maupun berkomunikasi. Dampaknya adalah "pemerosotan moral bangsa". Bukan hanya itu, banyak tidak kriminal yang terjadi melalui telepon seluler. Seperti yang baru-baru terjadi kemarin, tentang penyedotan pulsa yang merugikan berbagai pihak. Itulah sebagian dari dampak negatif dari teknologi yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
   Kita sadari bahwa hidup tanpa teknologi di era modern, hampir atau tidak mungkin untuk dilakukan. Mengingat teknologi telah menjadi salah satu kebutuhan manusia modern saat ini. Tetapi ada baiknya kita sebagai manusia yang berkualitas untuk bijak menggunakan teknologi. Gunakan teknologi secara postif. Contoh, anda bisa menulis sebuah blog di Internet. Kemudian anda dapat mengikuti kontes-kontes blog seperti lomba yang diadakan oleh IT Telkom yaitu, Computing Cup 2011. Selain melatih pengalaman dan kemapuan anda menulis, anda juga bisa mendapat berbagai macam pengetahuan melalui ajang ini. Sekedar info, hadiah untuk pemenang dalam lomba blog ini  adalah Rp.2.500.000,00. Selain lomba blog, masih ada lomba-lomba lainnya, seperti Lomba Short Animation, Lomba Game Development, Lomba Ide Aplikasi, dan Lomba Aplikasi. 
      Sebagai kesimpulan, teknologi pada dasarnya bermanfaat bagi kita semua. Memang ada dampak negatif dari penggunaan teknologi tersebut. Jadi, bijaklah dalam menggunakan teknologi. 
     Mungkin sekian dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan penyusunan artikel ini. Kritik dan saran anda saya terima dengan senang hati. Terima kasih telah mambaca. 

Sumber : coratcoretyo.blogspot.com

Categories:

Leave a Reply