IT'S ALL ABOUT EVERYTHING

SIHIR PELAJAR MENJADI MALAS DAN KETAGIHAN

Kemajuan teknologi, diwarnai munculnya Internet yang  membantu menjalankan segala aktivitas, termasuk di bidang pendidikan. Mahasiswa dan pelajar, merupakan orang-orang yang tidak lepas dari pemanpaatan Internet untuk kegiatan pembelajaran dan perkuliahannya. Namun seringkali, kemudahan Internet disalahgunakan dengan budaya copy paste yang semakin dianggap lumrah.

Kemudahan Internet membuat copy paste menjamur. Tugas-tugas kuliah bisa diselesaikan hanya dengan Googleling atau search di Internet lalu dipindahkan. Ajang pembodohan seperti ini membuat mahasiswa malas berpikir. Apalagi biasanya mahasiswa malas ke toko buku dan lebih mengutamakan Internet. Hanya mengetik atu kata dari data yang dicari, maka akan muncul jutaan hasil dari satu inti kata tersebut. Hal inilah yang disebut Internet mampu menumpulkan otak.

Banyak mahasiswa yang saat ini menjadikan Internet sebagai kebutuhan pokok, mulai dari menyelesaikan tugas-tugas kuliah dan hiburan. Tidak sedikit mahasiswa yang kehilangan kepercayaan diri bila harus mengandalkan otak utuk berpikir dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Cara instan atau browsingpun menjadi satu-satunya jalan untuk ditempuh.

Harus diakui bahwa Internet turut membentuk cara berpikir dan bertindak. Kehadiran Internet seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik, bukan untuk disalah gunakan. Sudah banyak korban dari dampak Internet karena kurang mengetahui dampaknya. Sepantasnya  mahasiswa/pelajar tetap berpegang pada kode etik dalam mengutip tulisan, peninjauan ulang dan pencantuman sumber akan menghindari perbuatan plagiarisme.

Dibalik kesempurnaan Internet ternyata ada bahaya yang menyertainya bagi pengguna, yaitu pendangkalan otak. Saat saraf otak sudah diracuni Internet, maka otak menjadi pasif ketika diajak untuk berpikir kreatif. Kini saatnyalah kita membatasi diri sehingga bisa berinternet sehat, terlepas dari sihirnya yang membuat siapapun menjadi ketagihan dan sulit lepas dari ketergantungan Internet.
Sumber : herusupanji.blogspot.com

Categories:

Leave a Reply